Litecoin Pro faucet 2018 ( legit )
CONTOH LAPORAN PRAKERIN TSM
LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
DI CV. BANUA MOTOR
Disusun Oleh :
Nama
: .......
NIS : .......
Kompetensi Keahlian :
Teknik Sepeda Motor (TSM)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. atas segala rahmat dan hidayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil Praktek Kerja Industri
yang dilaksanakan selama 72 hari di CV. Banua Motor.
Laporan
Praktek Kerja Industri ini disusun dalam rangka untuk mengikuti Ujian Nasional
dan sebagai laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industri tahun 2015/2016.
Penulis
menyadari bahwa laporan Praktek Kerja industri ini tidak dapat tersusun dengan
baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada :
- Bapak Drs. Triyono, M.Pd, selaku kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palu yang telah memberikan kesempatan dan izin pada penulis sehingga dapat melaksanakan Prakerin.
- Bapak Arham M.Pd, selaku kepala program Teknik Sepeda Motor yang telah memberikan bimbingan dan saran kepada penulis sehingga mampu melaksanakan Prakerin.
- Bapak Bill Kurniawan, selaku pimpinan CV. Banua Motor.
- Bapak Reinhard T.M, sebagai pembimbing dari bengkel CV. Banua Motor.
- Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan Prakerin ini.Penulis menyadari, tentunya laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk meningkatkan kualitas dalam proses selanjutnya. Semoga laporan prakerin ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan. Amin..
Palu, 24 Oktober 2015
Penulis
..............
ii
Disetujui Oleh
Pembimbing Sekolah
Palu, 24 Oktober 2015
Pembimbing Sekolah
Arham M.Pd
NIP. 196607181996011003
Mengetahui
Kepala SMKN 3 Palu
Drs. Triyono,
M.Pd.
NIP. 196012261986031011
iii
Disetujui Oleh
Pembimbing Industri
Palu, 24 Oktober 2015
Pembimbing Industri
Reinhard T.M
Mengetahui
Pimpinan Industri
Bill Kurniawan
iv
DAFTAR
ISI
SAMPUL................................................................................ i
KATA
PENGANTAR...................................................................... ii
LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING SEKOLAH........................................................................... iii
LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING IUDUSTRI........................................................................... iv
DAFTAR ISI......................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN..................................................... 1
1.1.
Latar
Belakang............................................. 1
1.2.
Tujuan............................................................. 1
a. Tujuan
Umum.............................................. 1
b. Tujuan
Khusus............................................. 2
c. Tujuan
Pembuatan Laporan................... 2
BAB
II RENCANA KEGIATAN PRAKERIN DI INDUSTRI........................................................................... 3
BAB
III JURNAL KEGIATAN PRAKERIN DI INDUSTRI........................................................................... 4
BAB
IV PENUTUP........................................................................... 87
a. Kesimpulan....................................................... 87
b. Saran-Saran....................................................... 87
v
BAB
I
PENDAHULUAN
Dengan adanya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat serta persaingan global, maka negara kita yang saat ini
sedang giat membangun, memerlukan banyak tenaga terdidik, terampil dan siap
pakai. Oleh karena itu pemerintah berusaha meningkatkan kualitas sumber daya
manusia dengan berbagai cara, salah satunya yaitu program pelatihan prakerin
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh indonesia agar pembangunan di negara
kita dapat ditingkatkan semaksimal mungkin.
Sehubungan dengan hal tersebut di
atas, maka untuk meningkatkan mutu dan kualitas siswa-siswi Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 3 Palu, sesuai dengan kurikulum yang berlaku maka diwajibkan
untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri di instansi pemerintah atau swasta.
Prakerin adalah suatu program yang
dilaksanakan oleh sekolah untuk menghasilkan para siswa-siswi menjadi tenaga
kerja terdidik, terampil dan siap pakai. Adapun tujuan pelaksanaan prakerin
adalah sebagai berikut :
- Mendidik siswa-siswi menjadi tenaga kerja terdidik, terampil dan siap pakai.
- Mendidik siswa-siswi bekerja dengan penuh disiplin, bertanggung jawab dalam melaksanakan sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan.
- Membekali siswa-siswi dengan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti prakerin sebagai persiapan guna menyesuaikan dunia kerja di masyarakat.
- Memperluas wawasan siswa-siswi terhadap jenis pekerjaan yang ada pada dunia usaha.
1.1. Latar Belakang
Untuk
mencapai suatu keahlian profesional tertentu maka diperlukan suatu bentuk
pendidikan keahlian profesional yang memudahkan penguasaan keahlian seperti
Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
Tujuan Pendidikan
Menengah Kejuruan adalah menghasilkan manusia pembangun yang mampu berperan
sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak bekerja dalam berbagai
sektor pembangunan yang telah ditetapkan oleh GBHN Tahun 1983.
1.2.
Tujuan
a. Tujuan
Umum
-
Untuk menambah/memberikan keterampilan
kepada siswa selama praktek di Industri.
-
Untuk mengetahui sampai sejauh mana
kompetensi siswa di dunia kerja nyata.
-
Untuk meningkatkan sikap tanggung jawab
dan disiplin siswa dalam melaksanakan tugas.
-
Untuk memperkenalkan lebih dini
lingkungan sosial yang berlaku di dunia kerja kepada siswa sebagai bagian
pengalaman kerja.
-
Melatih dan mempersiapkan siswa menjadi
tenaga kerja profesional yang sesuai dengan tuntutan industri dalam hal
penguasaan teknologi.
b. Tujuan
Khusus
-
Meningkatkan status dan kepribadian
siswa.
-
Memperluas keterampilan siswa dan
mengembangkan kreativitas sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.
-
Memberi pengalaman kerja yang
sesungguhnya sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung
jawab serta disiplin yang tinggi.
c. Tujuan
Membuat Laporan
-
Untuk memberikan laporan kegiatan siswa
selama prakerin di industri kepada pihak sekolah.
-
Untuk melatih siswa menulis laporan
secara ilmiah.
BAB
II
RENCANA
KEGIATAN SISWA DI INDUSTRI
NAMA
INSTITUSI : CV. BANUA MOTOR
TAHUN
: 2015
NO
|
BIDANG
PEKERJAAN/KEGIATAN
|
HARI/TANGGAL
|
KETERANGAN
|
1
|
Membantu
Teknisi
|
Kamis,
30-07-2015 s/d Sabtu, 01-08-2015
|
Terlaksana
|
2
|
Ganti Oli Mesin | ........ | ............ |
3
|
............ | ........ | ............ |
.... | |||
.... | |||
BAB III
JURNAL
KEGIATAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
NAMA
INSTITUSI : CV. BANUA MOTOR
TAHUN : 2015
NO
|
BIDANG
PEKERJAAN
|
URAIAN
PEKERJAAN
|
HARI/ TGL
|
PARAF PEMBIMBING INSTITUSI
|
1
|
Mio
J : Ganti oli set
|
Persiapkan
kunci 12 ring, talang oli, obeng plat, tang, dan corong. Kemudian buka baut
penguras oli mesin terlebih dahulu menggunakan 12 ring dan kuras olinya di
talang oli, jika olinya sudah terkuras habis maka tutup kembali baut penguras
olinya dan kencangkan dengan kunci 12 ring. Berikutnya buka baut penguras oli
gear box menggunakan 12 ring dan kuras olinya di talang oli, setelah terkuras
maka tutup kembali baut penguras olinya dan kencangkan dengan kunci 12 ring.
Kemudian buka tutup oli gear box menggunakan tang, lalu isi oli gear boxnya
sebanyak 140 cm3 kemudian tutup kembali dan kencangkan tutup oli gear
boxnya menggunakan tang. Setelah itu buka tutup oli mesin menggunakan obeng
plat dan isi oli mesinnya sebanyak 800 cm3 dengan memakai corong,
jika sudah terisi maka tutup kembali tutup oli mesin dan kencangkan dengan
obeng plat. Kemudian buang
oli bekasnya pada tabung pembuangan yang telah tersedia, selesai.
|
Kamis,
30-07-2015
|
|
2
|
........... | ............ | ........... | |
BAB IV
PENUTUP
Selama mengikuti
prakerin penulis merasakan kebersamaan dan solidaritas terhadap karyawan maupun
teknisi yang selalu membimbing penulis, sehingga penulis banyak belajar dan
mendapat pengalaman dalam hal teknik sepeda motor. Selain itu penulis bisa mengenal
lebih awal lingkungan sosial yang berlaku di dunia kerja sehingga meningkatkan
rasa percaya diri untuk berkomunikasi kepada masyarakat.
Penulis menyarankan
agar para teknisi tetap menjaga dan meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja,
serta menjaga dan merawat alat perkakas dengan baik sehingga bisa berumur
panjang atau awet. Dan kepada pihak sekolah penulis menyarankan agar guru
pembimbing harus sering mengontrol siswa-siswi dalam melaksanakan kegiatan
prakerin, dan kepada adik-adik disarankan untuk lebih giat lagi dalam belajar, guna
mempersiapkan diri untuk menghadapi pelaksanaan prakerin nanti.
Kontol
BalasHapus